Proses Pembebasan Eks Lahan PTPN III Tidak Libatkan DPRD

Siantar, LasserNews.wordpress.com

Sekitar 573 ha proses pembebasan lahan eks HGU PTPN III di Tanjungpinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar akan dilakukan Pemko Pematang Siantar tanpa melibatkan DPRD. Namun setelah lahan di-take over barulah DPRD dilibatkan.

Saat ini proses pengalihan berada di Dewan Komisaris PTPN III. Meski demikian Pemko akan tetap melakukan koordinasi dengan DPRD dalam proses pengambilalihan lahan tersebut.

Menurut Kabag Humas Pemko Siantar, Daniel H Siregar usai mengikuti rapat dengan Komisi I DPRD, Senin (20/02) 2012 lalu mengatakan bahwa saat ini tim pembebasan lahan hanya dibentuk sebatas eksekutif saja. Sementara SK Tim Pembebasan lahan yang dibentuk dengan melibatkan legislatif masih SK yang dikeluarkan Wali Kota sebelumnya.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Pematang Siantar, Donver Panggabean mengungkapkan bahwa Pemko Pematang Siantar diberikan kepercayaan untuk menyelesaikan lahan tersebut. Kemungkinan dalam waktu sebulan ke depan Pemko akan melaporkan perkembangannya. Dan dalam waktu dekat akan ada kunjungan ke Kementerian BUMN untuk mengejar kelanjutan permohonan tersebut.

Sedangkan menurut Oktavianus Sitio, Dewan Daerah Walhi Sumut bahwa masyarakat saat ini hanya menunggu political will dari Wali Kota Pematang Siantar, Hulman Sirorus. (NN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s