DPRDSU Protes Pengangkatan Direksi PTPN III dan PTPN IV

Medan, LasserNews.wordpress.com

Pengangkatan Direksi PTPN III dan PTPN IV diduga telah ‘mengangkangi’ Inpres No 8 dan Inpres No 9/2005 tentang pengangkatan anggota Direksi atau Komisaris/Dewan Pengawas BUMN dan telah membuat resah karyawan perkebunan tersebut.

Menurut anggota DPRDSU FP Demokrat H Ikhyar Hasibuan SE, Senin (12/03) di gedung Dewan seusai menerima Ketua FSB Bun (Federasi Serikat Pekerja Perkebunan) seluruh Indonesia, Syahruddin Ali mengatakan bahwa pengangkatan Direksi PTPN III dan PTPN IV diduga telah melanggar kedua Inpres tersebut.

Dalam Inpres No 8 dan No 9/2005 ditegaskan, pengangkatan anggota direksi dan/atau komisaris/Dewan Pengawas BUMN harus dilakukan melalui penilaian oleh tim penilai akhir sebelum ditetapkan Menteri Negara BUMN selaku RUPS/Menteri.

Dan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan yang diselenggarakan dalam rangka pengangkatan anggota Direksi BUMN agar dilakukan secara transparan dan akuntabel dengan memperhatikan pertimbangan dari Menteri Teknis dan Lingkungan yang tugasnya membidangi kegiatan usaha dari BUMN yang bersangkutan serta ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada pasal ketiga juga ditegaskan, Meneg BUMN melaporkan dan menyampaikan hasil penyaringan calon Direksi dan/ atau Komisaris/Dewan Pengawas BUMN serta hasil uji kelayakan dan kepatutan kepada penilai akhir yang terdiri dari Presiden (sebagai Ketua), Wapres (sebagai Wakil Ketua), Menkeu, Meneg BUMN, dan Seskab (Sekretaris Kabinet) untuk mendapat penilaian.

Masalah inilah yang membuat karyawan perkebunan menjadi resah sebab tidak dilakukan sesuai prosedur dan dapat berbahaya bagi kelangsungan BUMN dan mesti segera diantisipasi.

“Pengaduan karyawan ke DPRDSU adalah bentuk keresahan dari karyawan sebab tanpa diketahui kapan pelantikan Direksi PTPN III dan PTPN IV. Sementara banyak yang telah memenuhi kriteria jadi merasa terzhalimi,” demikian Ikhyar menegaskan. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s