Ada Indomaret Yang tidak Memiliki Izin

Medan, LasserNews.wordpress.com

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Medan, Syarizal Arief memberikan sanksi teguran kepada 54 pengusaha Indomaret yang ternyata tidak memiliki izin. Dari 184 Indomaret yang berdiri di Kota Medan, 85 unit mendapat mendapat izin dari Disperindag Medan. Sedangkan 9 unit mendapat izin dari BPPT Medan yaitu Izin Usaha Toko Modern (IUTM), Ho, SIUP dan surat Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

“Sebanyak 54 unit Indomaret di Medan yang beroperasi tanpa izin usaha. Jumlah tersebut berdasarkan selisih antara izin yang dikeluarkan BPPT Medan dengan Disperindag Medan. Tindakan yang sudah dilakukan adalah sanksi teguran dan pemanggilan kepada 54 pengusaha Indomaret secara tertulis,” jelas Syarizal.

Sedangkan untuk penindakan tidak bisa secara langsung membongkar sebab harus melalui beberapa proses yakni teguran, sanksi administrasi, peringatan hingga akhirnya jika tidak diindahkan akan dilakukan penindakan.

“Ada Standar Operasional Prosedur (SOP) jika ingin melakukan penindakan. Jadi mesti diikuti tahapan-tahapan dengan melakukan  teguran terlebih dahulu yang sesuai dengan ketentuan pada Peraturan Walikota (Perwal) nomor 20 tahun 2011 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern,” ujarnya lebih lanjut.

Dari tim yang sudah dibentuk oleh Disperindag Kota Medan untuk melakukan pengawasan dan pembinaan. Dan dari hasil pantauan di lapangan terbukti pengelolanya tidak mampu menunjukkan surat izin usahanyakepada petugas. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s