MoU Kebebasan Pers Antara Dewan Pers dan Kepolisian RI

Medan, LasserNews.wordpress.com

Dewan Pers dan Kepolisian Republik Indonesia telah menandatangani nota kesepakatan tentang Koordinasi Dalam Penegakan Hukum dan Perlindungan Kemerdekaan Pers, Kamis (09/02) di kota Jambi.

Selanjutnya nota kesepakan tersebut disosialisasikan ke seluruh provinsi kota di Indonesia; pertama di Makassar, lalu di Medan sebagai kota kedua dilaksanakan, Kamis (15/03) di Hotel Danau Toba Internasional Medan yang digelar oleh Dewan Pers.

Narasumber adalah Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers, Wina Armada Sukardi pada sosialisi MoU Dewan Pers dengan Polri. Selain Wina narasumber yang lain adalah adalah Kabidkum Polda Sumut Kombes Pol Aman Ganie serta Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers, Agus Sudibyo dan Ketua Komisi Hubungan Antarlembaga dan Hubungan Luar Negeri, Bekti Nugroho dengan moderator Rika Yoes (Ketua AJI Medan).

Menurut Wina, Dewan Pers tetap independen dan tidak memihak pada siapapun dalam memeriksa atau menyelesaikan perdoalan pers. Mengenai MoU (Memorandum of Understanding) antara Dewan Pers dan Polri untuk menangani persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pers, polisi harus mendengar dulu pendapat Dewan Pers.

Wina juga menjelaskan bahwa jika wartawan melakukan tindakan pidana ia juga harus dihukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saat ini ketaatan jurnalis akan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) telah terjadi peningkatan sekitar 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu Kabidkum Poldasu Kombes Pol Aman Ganie mengatakan bahwa pihaknya siap mematuhi MoU yang ditandangani oleh Dewan Pers dan Polri. “Kalau pimpinan sudah menandatangani MoU kita siap menjalankannya. Untuk itu kami akan mensosialisasikannya ke tingkat Polresta hingga ke Polsek-Polsek di Sumut.(SR)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s