5 (Lima) Alasan Partai Demokrat Menaikkan BBM

Jakarta, LasserNews.wordpress.com

Partai Demokrat (PD) mendukung rencana pemerintah SBY menaikkan BBM. Menurut Husni Thamrin dalam jumpa pers Demokrat Pilih Kembalikan Subsidi ke Rakyat di Warung Daun, Jl  Cikini Raya Jakarta, Minggu (25/03).

Pertama adalah kebijakan kepada rakyat kecil karena menurut survei bahwa konsumsi BBM oleh kalangan menengah ke atas 10 kali lebih banyak dibandingkan rakyat miskin. Yang menikmati subsidi BBM adalah kalangan menengah ke atas padahal semestinya subsidi diberikan langsung kepada masyarakat, bukan subsidi harga BBM.

Kedua, kebijakan ini akan membuat kita berhemat sebab BBM merupakan sumber energi yang tak terbarukan dan akan habis dalam jangka waktu tertentu.

Ketiga, adalah pengalihan dana subsidi bisa digunakan untuk membangun infrastruktur dan pendidikan. Jadi pengalihan subsidi tersebut bisa digunakan untuk membiayai pembangunan.

Keempat adalah untuk mengurangi penyelundupan. Bahwa harga minyak kita relatif rendah dibandingkan dengan negara lain karena sering diselundupkan dan dijual ke negara lain.

Kelima adalah untuk memudahkan pemerintah selanjutnya karena dengan pengurangan subsidi BBM saat ini anggaran untuk pemerintah selanjutnya tidak akan terl;alu mengalami ketimpangan.

DPR dan pemerintah saat ini masih menggodok besaran kenaikan harga BBM. Rapat Menkeu dan Banggar DPR molor berjam-jam dan akan dilanjutkan kembali. Pemerintah mengusulkan BBM bersubsidi naik Rp 1500,-/liter karena APBNM tidak mampu menanggung kenaikan harga minyak dunia.

Sementara DPR terkesan menyerahkan pada pemerintah tentang kebijakan tersebut agar citranya tidak semakin turun. (irr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s