M. Roem : Dinas Pertanian Bekerja Sama Dengan Kepolisian Antisipasi Penyelewengan Pupuk

Medan, LasserNews.wordpress.com

Untuk mencegah penyelewengan pupuk bersubsidi meski pengamanan sudah diperketat dengan mengubah warna pupuk menjadi pink, Dinas Pertanian Sumut menggandeng Kepolisian untuk ikut mengawasinya.

Peningkatan pengawasan itu dimaksudkan untuk menjagaproduksi padi petani menyusul target yang cukup dari pemerintahan pusat yakni sebesar 4,207 juta ton Gabah Kering Panen (GKP).

“Bahwa peningkatan pengawasan termasuk bekerja sama dengan Poldasu dilakukan untuk mencegah atau menekan penyelewengan pupuk bersudsidi yang merugikan pemerintah dan petani,” uangkap Dinas Pertanian Sumut M Roem di Medan (26/03).

Dikatakannya bahwa beban target produksi dari pemerintah pusat sebesar 4,207 juta ton GKP naik cukup besar dari target 2011 sebesar 3,659 juta ton dengan dengan angka realisasi 3,607 juta ton GKP.

Sebenarnya awal target 2012 hanya 3,765 juta ton GKP tetapi dengan alasan potensi Sumut cukup besar dan dijadikannya Sumut sebagai salah satu lumbung nasional, ujarnya.

Selain membuka areal baru, Dinas Pertanian Sumut berupaya meningkatkan produktivitas panen yang lebih tinggi dari 47,74 kwintal per hektare pada 2011 melalui penggunaan benih unggul dan menjaga pemupukan yang tepat. “Dan diharapkan penyaluran pupuk bersubsidi harus benar-benar dijaga agar sampai ke tangan petani,” tegasnya.

Pemerintah berharap Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk area yang relatif murah Rp 1600 per kilogram dengan warna yang ditukar menjadi pink dan pengawasan ketat diharapkan dapat membantu petani meningkatkan produksi dan produktivitas hasil tanamannya. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s