Lagi, PRT Dianiaya di Medan

Medan, LasserNews.wordpress.com

Kembali Medan dikejutkan dengan cerita pilu dari dua orang PRT asal Jawa Barat yang dianiaya oleh majikannya yang kali ini dari kalangan Tionghoa.

Diantara demo penolakan kenaikan BBM, dua orang PRT Kuraini (18) dan Nisa (17) melaporkan majikan Tionghoa ke SPK (Sentra Pengaduan Kepolisian) yang telah menyiksa dan menganiaya mereka dan bahkan sudah setahun tidak menerima gaji.

Karena berasal dari keluarga yang tidak mampu dan juga tidak tamat pendidikan sekolah dasar maka kedua sahabat itu menerima tawaran sebagai PRT di Medan dari seorang wanita yang mereka sapa Bu Nanik. Niat mereka adalah untuk membantu perekonomian keluarganya masing-masing.

Mereka diberangkatkan dari salah satu yayasan di Jakarta dan di Medan mereka ditempatkan di Graha Sunggal, Jalan Sunggal Medan milik pasangan Tionghoa Beny Chandra dan Lili Wikimiyati. Oleh majikan mereka ditawarkan gaji RTp 500 ribu/bulan masing-masing. Dan diperlakukan dengan sangat baik oleh majikan dan anak-anaknya.

Namun itu hanyalah berlangsung sebulan saja dan selanjutnya mereka kerap mendapatkan aniaya dan siksaan seperti dipukuli oleh sang majikan dan anak-anaknya bahkan sering dituduh mencuri padahal mereka tidak ada mencuri.

“Kadang-kadang kami hanya dikasi makan sehari sekali bahkan terkadang tidak dikasi makan,” ujar Nisa.

Bahkan kepala mereka sering dibenturkan ke didinding jika sedikit saja berbuat salah. Terakhir keduanya disuruh tidut digarasi mobil tanpa alas dan selimut.

Akhirnya, Rabu (28/03) sekira pukul 19.00 WIB keduanya berhasil melarikan diri keluar dari lantai II dan mereka hanya berputar-putar sebab tidak tau keadaan kota Medan.

Beruntung seorang pedagang mau menolong mereka dan diarahkan untuk melaporkan majikannya ke Mapolresta Medan. (NN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s