Persediaan Beras Meningkat Namun Konsumsi Beras Menurun

Medan, LasserNews.wordpress.com

Kepala BKP (Badan Ketahanan Pangan) Sumut, Ir Setyo Purwadi mengatakan bahwa program diversifikasi pangan yang digalakkan menghasilkan tingkat konsumsi beras di Sumatera Utara mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir ini sekitar 1,89 persen per tahun.

Selanjutnya Setyo Purwadi mengatakan bahwa dengan berkurangnya konsumsi beras dimasyarakat maka ketahanan pangan akan terwujud. “Satu diantara program kami adalah menurunkan konsumsi beras dan ini upaya peningkatan ketersediaan bahan pangan melalui kebijakan intensifikasi, ekstensifikasi pengembangan cadangan pangan dan diversifikasi bahan pangan,” ujarnya.

Purwadi menguraikan bahwa konsumsi beras masyarakat Sumut tahun 2009 berkisar 139,50 kg per kapita per tahun. Ditahun 2010 mengalami penurunan menjadi 136,85 kg per kapita per tahun. Berdasarkan analisis situasi pangan ditahu 2011 kembali menunjukkan penurunan denagn kisaran 134,24 per kapita per tahun.

Untuk kembali mendapatkan penurunan konsumsi beras ditahun ini, pihaknya akan melakukan upaya sosialisasi peningkatan konsumsi bahan pangan non beras serta membangkitkan kearifan lokal di Sumut. Seperti mengkonsumsi umbi-umbian sebelum makan nasi yang disebut denagn istilah ‘manggadong’ (memakan ubi), kentang, sayuran dan bahan pangan lainnya.

Diharapkan tepat ditahun 2013 pola pangan harapan di Sumut dapat meningkat menjadi 93 dari kondisi tahun 2010 sebesar 78,7. Dan upaya yang dilakukan antara lain melalui percepatan penganekaragaman konsumsi pangan. Langkah lainnya yang akan dilakukan BKP Sumut adalah ketersediaan beras di Sumut juga mengalami peningkatan yakni dari 2,063 juta ton pada tahun 2010 menjadi 3,085 juta ton pada tahun 2012.

Kondisi ini memberikan dampak positif pada peningkatan cadangan beras di Sumut dalam upaya mempertahankan surplus beras. (SR)..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s