Kejahatan BBM di Gudang Medan Utara Rugikan Negara 6,2 Ton Per Trip

Medan, LasserNews.wordpress.com

Kelebihan tonase (takaran) dalam pengisian BBM bersubsidi ke truk tangki pengangkutan dari Depot Pertamina Medan Group di Jl Kol Yos Sudarso km 20 Medan Labuhan ternyata juga merupakan celah kejahatan penyelewengan yang disinyalir disengaja oleh oknum petugas pengisian di Depot Pertamina.

Dari 125 unit truk tangki yang dikelola PT Elnusa Petrofin Medan jika muatannya dilebihkan sekitar 50 liter saja seperti perkiraan sehari-hari maka diperkirakan dalam per tripnya mencapai 6,2 ton lebih BBM milik negara diduga telah digelapkan.

Menurut informasi kelebihan tonase truk tangki pengangkut BBM kemarin, (06/06) terkuaklah dugaan praktik penggelapan BBM dilingkungan Depot tersebut. Sejumlah supir truk tangki Pertamina mengaku gampang ‘memainkan’ BBM subsidi ke lokasi-lokasi penampungan tak resmi atau yang disebut ‘gudang Siong’ atau ‘kencing’ istilah praktik penyimpangan tersebut.

Praktik illegal tersebut bisa terjadi karena dalam setiap kali pengisian dari depot ke tangki truk pengangkutan, oknum petugas pengisi diduga sengaja melebihkan takaran muatan BBM yang akan dipasok ke SPBU baik tujuan dalam Kota Medan atau ke luar kota.

“Kalau tak dilebihkan bagaimana truk tangki bisa ‘kencing’ dijalan? Sedangkan muatan sudah dilebihkan saja terkadang pasokan ke SPBU berkurang. Itu karena saat ‘kencing’ di lokasi muatan BBM tak ditakar lagi,” ujar salah seorang supir truk tangki Pertamina.

Untuk mendapatkan pengisian BBM di depot Pertamina bukanlah ‘gratis.’ Para supir diwajibkan memberikan uang tunai yang mencapai Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu. Nilainya tergantung dari banyaknya kelebihan muatan yang dimasukkan petugas PT Mesran yang menangani soal pengisian BBM di Depot Pertamina.

Uang tersebut mesti diberikan kepada petugas pengisian dan pengukur tonase tergantung dari jumlah kelebihan muatannya. Kalau lebihnya banyak mencapai 100 liter supir mesti memberikan uang Rp 150 ribu kalau tidak disuruh kembali dan bongkar muatan dan tentunya memakan waktu yang cukup lama. Dan kelebihan muatan itu sengaja dilakukan. (irvr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s