Irigasi Sumut Mengalami Kerusakan Hampir 40 Persen

Medan, LasserNews.wordpress.com

Hampir 40 persen saluran irigasi pertanian mengalami kerusakan di Sumut namun kerusakan irigasi tersebut belum mengganggu proses bercocok tanam yang dilakukan petani, demikian menurut Kepala Dinas Pertanian Provsu, HM Roem, kepada Antara, senin (04/06).

Akan tetapi jika nantinya kerusakan itu dapat mempengaruhi hasil produksi pertanian yang tidak maksimal seperti yang diharapkan petani pihaknya tidak membantah. Apalagi jika dikaitkan dengan dengan rencana surplus beras 10 juta ton hingga akhir 2014 yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencana Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Tentang rencana perbaikan Roem menyebutkan bahwa instansi yang menangani irigasi itu cukup banyak mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Untuk tingkat provinsi perbaikan dilaksanakan Dinas Pertanian Sumut dengan SKPD bidang Pengairan seperti Dinas Pengelolaan Sumber Air (PSDA). Perbaikn teersebut diupayakan agar kerusakan yang ada dapat dikurangi sehingga lokasi pertanian masyarakat dapat diairi terus terutama saat masa tanam. “Tujuannya agar air-air yang dibutuhkan bisa mengalir hingga ke petak-petak tanah.” (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s