Setyo Purwadio : “Manggadong” Menjadi Ikon Diversifikasi Pangan Nasional

Medan, LasserNews.wp.com

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provsu mengadakan acara Forum & Expo Pangan Gebyar Kuliner, Selasa (27/11) di Tiara Convention Hotel Jalan Cut Mutiah Medan. Acara ini berlangsung hingga, Jum’at (30/11).

Kegiatan ini didukung oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) RI, Kementerian Perindustrian, Kemententerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan televisi nasional Trans7.

Acara tersebut dibuka oleh Gubsu Gatot Pudjo Nugroho yang diwakili oleh Arsyad Lubis, staf ahli Pemprovsu. Dalam kata sambutannya Gatot mengatakan bahwa krisis pangan terjadi karena ledakan pertambahan penduduk sehingga memaksa pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI melakukan diversifikasi pangan. Dengan diversifikasi pangan atau penganekaragaman pangan kita dapat memberdayakan potensi eksisting dan budaya lokal menuju kemandirian dan kedaulatan pangan. Diharapkan nantinya jika cadangan produksi pangan cukup banyak kita bisa menjadi penyedia sumber pangan secara global.

Ahmad Suryana, Kepala Badan Ketahanan Pangan kementerian Pertanian RI yang mewakili Menteri Pertanian Suswono mengatakan bahwa dengan memanuver bahan pangan selain beras untuk dikonsumsi atau manggadong akan dapat mencukupi kebutuhan gizi dan menunjang terwujudnya kedaulatan pangan secara nasional. Penganekaragaman pangan juga dapat menghindarkan ancaman kemiskinan dan kerentanan pangan nasional.

Sementara itu Kepala Badan Ketahanan Pangan Provsu, Setyo Purwadio mengatakan kepada wartawan bahwa sebagai masyarakat Sumut harus bangga karena ‘manggadong’ atau konsumsi ubi jalar telah menjadi ikon diversifikasi pangan nasional pada September lalu.

Selanjutnya, Kamis (29/11) sore chef Ragil koki kondang dari Jakarta beserta asistennya dan juga beberapa koki dari kota Medan memproses pembuatan Manggadong Raksasa dan juga dihadiri oleh Ibu Ketua PKK Sumut dan Dharma Wanita Sumut.

Peta Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan manggadong seperti ubi jalar, ubi kayu, kentang, juga ditaburi sambal teri Medan. Dan para pengunjung berebut makanan manggadong tersebut, Jum’at (30/11) dan juga disuguhi jus buah terong belanda. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s