Pemkab Simalungun Tetapkan PTPN III Sebagai Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus

Medan, LasseeNews.wordpress.com

Untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Sumut dalam MP3EI disektor klaster industri hilir maka Pemkab Simalungun menetapkan PTPN III sebagai Badan Usaha Pembangunan dan Pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus di Sei Mangke Kabupaten Simalungun, demikian Bupati Simalungun JR Saragih saat penyerahan Surat Keputusan tentang penetapan PTPN III sebagai pengelola KEK tersebut di aula Kantor PTPN III baru-baru ini.

Ini adalah bentuk dukungan moril dari pemerintah mengingat Sei Mangke telah ditetapkannya sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Dan salah satu kendala pengembangan terkait adalah permasalahan status lahan dikawasan itu secepatnya dapat diselesaikan secepatnya, demikian JR Saragih mengatakan. Dan pihaknya telah berkomitmen mempercepat mempercepat pengurusan proses BBN dari HPL ke HGB.

Selanjutnya diharapkan PTPN III dapat membangun dan mengelola KEK tersebut secara lebih baik dan menjadi tanggungjawab moril dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Sumut ke depannya.

Dirut PTPN III Megananda Daryono menyatakan dengan SK Bupati izin pembangunan pabrik di KEK tersebut dapat dikeluarkan dan ke depannya PTPN III tidak hanya mengembangkan industri hilir sawit, tapi juga karet dan turunannya mengingat PTPN III juga terbesar dalam komoditi tersebut.

UNtuk tahun 2013 sejumlah investor akan bergabung dalam pengembangan KEK seperti PT Unilever Oleochemical Indonesia dengan bahan baku PKO sebanyak 170 ribu per tahun.

Dan bersama dengan PTPN IV pihaknya juga akan membangun Oleochemical menempati kavling seluas 25 ha dengan total investasi Rp 1,6 triliun.

Sedangkan untuk pengembangan infrastruktur secara bertahap dapat direalisasikan hingga tahun 2014. Seperti pembangunan jalan kereta api dari Stasiun Perlanaan dan juga pengembangan dermaga di Pelabuhan Kuala Tanjung. Bahkan untuk fasilitas pendukung lainnya yaitu PLTBS 2×3,5 mega watt telah dioperasikan. Dan Megananda juga berharap ke depannya Simalungun dapat menjadi Kabupaten paling maju dibidang industri.

Sementara itu Wakil Ketua I Tim Pelaksana Dewan Nasioanal KEK Budi Santoso yang didampingi Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto berkeyakinan bahwa KEK sei Mangke (KISM) dapat lebih dahulu berkembandan lebih kompetitif diantara 6 koridor yang ditetapkan Presiden sehingga KEK di Sei Mangke menjadi Milestone di Indonesia. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s