Daging Sapi di Indonesia Termahal di Dunia

Jakarta, LasserNews.wordpress.com

Saat ini harga daging sapi di Indonesia merupakan yang termahal di dunia mencapai Rp 90.000,- per kilogramnya, sementara di sejumlah negara lain hanya sekiat Rp 40.000,- per kilogramnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, harga daging sapi pada pekan keempat Januari 2013 mencapai Rp 90.000,- per kilogram. Harga tersebut bertahan sejak minggu pertama Desember 2012.

Menurut data Bank Dunia, harga daging sapi rata-rata di Indonesia pada Desember 2012 mencapai 9,76 dolar AS, sementara di M’sia hanya 4,3 dollar AS, Thailand 4,2 dolar AS, Jepang 3,9 dolar AS, Jerman 4,3 dolar AS dan India 7,4 dolar AS.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi mengatakan masih tingginya harga sapi di pasaran mengindikasikan pasokan yang masih tersendat. Jadi jika dikatakan hasil survei pasokan sapi kita cukup namun faktanya sudah tiga bulan harga daging tak kunjung turun. Dan jika dibiarkan terus maka mendekati puasa dan lebaran nanti harga bisa menyentuh level Rp 120.000,- per kilogramnya. Dan itu sudah melampaui daya beli masyarakat, ungkapnya.

Sedangkan Menteri Pertanian Suswono pekan lalu mengatakan daerah sentra penghasil sapi nasional telah menyiapkan pasokan daging untuk mengantisipasi permintaan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Dan telah mengitimkan surat kepada Menko Perekonomian yang intinya agar daerah penghasil sapi siap mendukung kebutuhan sapi daerah Jakarta.

Daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggar Barat telah siap memasok daging sapi dan kuota distribusi masing-masing daerah ditentukan setelah rapat dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.”Februari ini akan ada penandatanganan kesanggupan serta rapat dengan Pemprov DKI Jakarta dan mereka butuhnya berapa dan daerah siap memasok berapa sehingga bisa dipastikan stok daging sapi bisa memenuhi kuota dan impor daging sapi tidak lagi dibutuhkan untuk memenuhi permintaan masyarakat,” ujarnya.

Jadi sekarang kita gunakan dulu sapi lokal jangan menambah impor karena ekses tambahan impor yang tidak proporsional akan menekan harga ditingkat peternak, demikian lanjut Suswono.

Pemerintah sendiri telah menetapkan kuota impor daging sapi pada 2013 mencapai 80 ribu ton. Kebutuhan daging sapi pada 2013 mencapai 500 ribu ton, atau naik 16 ribu ton dari kebutuhan tahun 2012 yang yang mencapai 484 ribu ton. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s