G-Resources Berpartisipasi Dalam PRSU 2013

Medan, LasserNews.wp.com

Setiap tahun penyelenggaraan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Tambang Emas Martabe selalu berpartisipasi. kali ini, Tambang Emas Martabe menempati lokasi pameran berukuran 6X6 meter di ruang Serba Guna Gedung Pemprovsu.

Di lokasi pameran, Tambang Emas Martabe menampilkan beberapa foto kegiatan eksplorasi, penambangan, pabrik pengolahan emas dan perak, kegiatan pemantauan dan pengelolaan lingkungan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Selaian itu, ditampilkan juga sejumlah batuan yang mengandung mineral hasil kegiatan eksplorasi dan contoh produk akhir dari pabrik pengolahan emas dan perak; berupa replika batangan emas dan perak (dore/bullion). Untuk di bidang lingkungan, ditampilkan sejumlah tanaman asli Batangtoru seperti baringin, cempedak air, kayu baja, jambu hutan, hapinis, hapas-hapas, yang digunakan untuk kegiatan rehabilitasi dan reklamasi lahan, jaring (jutnet) untuk keperluan rehabilitasi lahan, dan cocorise yang digunakan untuk mencegah terjadinya erosi pada lereng. Sedangkan yang berkaitan dengan pemantauan lingkungan, ditampilkan peralatan untuk pemantauan kadar sianida dalam air.

Sebagai catatan, cocorise merupakan hasil dari program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Tambang Emas Martabe dan Desa Batu Hula. Cocorise ini dibuat dengan memanfaatkan jerami hasil panen. Sebelumnya, jerami hasil panen tidak dimanfaatkan oleh warga Desa Batu Hula. Dengan program pemberdayaan masyarakat, jerami tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi cocorise yang berguna bagi lingkungan.

Sebagai perusahaan yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja, ditampilkan juga peralatan pelindung diri seperti peralatan anti jatuh (body harness) yang digunakan oleh karyawan saat bekerja di ketinggian, alat pelindung diri berupa helm, masker, kacamata dan safety shoes.

Pada PRSU kali ini, di lokasi pameran, Tambang Emas Martabe mengadakan sosialisasi dalam bentuk kelas interaktif kepada para pengunjung di bidang kegiatan geologi, eksplorasi, penambangan dan lingkungan. Kegiatan ini diadakan dari 26 Maret – 11 April 2013. Ada pun topik yang diketengahkan : “A-Z Tentang Geologi Eksplorasi”; “Yuk, Mengenal Mine Geology”; “Mengubah Batuan Menjadi Emas”; “Tanggung Jawab Lingkungan: Dari Awal Hingga Akhir Penambangan”; Serba Serbi Keselamatan Kerja di Pertambangan”. Nara sumber dari kelas interaktif ini adalah karyawan Tambang Emas Martabe.

Senior Manager Corporate Communication Tambang Emas Martabe mengatakan :” Dengan diadakannya kelas interaktif ini, Tambang Emas Martabe ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas mengenai kegiatan pertambangan. Tambang Emas Martabe adalah tambang emas pertama yang berproduksi di Sumatera Utara. Diharapkan, para pengunjung dapat lebih memahami keberadaan Tambang Emas Martabe, berikut menfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, kelas interaktif ini merupakan kesempatan emas bagi masyarakat untuk mengenal dunia pertambangan khususnya Tambang Emas Martabe”

Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat Pulau Sumatera, Kecamatan Batangtoru, Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya Generasi keenam (“CoW”) yang ditandatangani April 1997. Tambang Emas Martabe kini telah memiliki sumber daya 8,05 juta oz emas dan 77 juta oz perak dan ditargetkan mulai berproduksi pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 oz emas dan 2-3 juta oz perak berbiaya rendah.

Pemegang saham Tambang Emas Martabe adalag G-Resources Group Ltd sebesar 95%, dan pemegang 5% saham lainnya adalah PT Artha Nugraha Agung, yang 70% sahamnya dimiliki pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan 30% dimiliki oleh Pemprovsu. Dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, 70% nya direkrut dari masyarakat di empat belas desa di sekitar tambang.

Martabe akan menjadi standard acuan bagi G-Resources untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia dan wilayah lainnya, dan terus bertumbuh dan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja, kelestarian lingkungan dan pengembangan komunitas. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs http://www.g-resources.com

Informasi lebih lanjut, hubungi:

Katarina Hardono – Corporate Communications Senior Manager
M +62 811 9005146 email Katarina.hardono@g-resources.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s