Belawan Menuju Taraf Internasional

Belawan, LasserNews.wordpress.com

Sosialisasi pihak Badan Lingkungan Hidup Analisa Mengenai Lingkungan Hidup (AMDAL) Medan di Kantor Lurah Belawan I, Kamis (21/3) mengenai pembenahan di pemukiman kumuh di kawasan Belawan akan dilakukan sebagai bagian dari rencana pengembangan Belawan menjadi pelabuhan bertaraf internasional dengan nama Indonesia Harbour and Global Trade Centre, demikian Camat Belawan Said Chaidir menjelaskan.

Pengembangan pelabuhan Belawan membutuhkan lahan seluas 28 ha di kelurahan Belawan I dan Belawan Bahagia. Berbagai izin diantaranya izin pembangunan dan izin prinsip telah dikantongi pihak pengembang PT Berkat Bina Karya. Diharapkan jika proyek ini lancar maka lima hingga sepuluh tahun kota Belwan akan menjadi pelabuhan megapolitan.

Said mengatakan bahwa konsorsium investor dari Brunei direncanakan menginvestasikan dananya untuk untuk membangun mall dan hotel seperti di Batam, Singapura dan Malaysia.

Namun disisi lain, dampak yang akan ditimbulkan atas rencana pembangunan ini haruslah dibicarakan kepada masyarakat, baik masalah relokasi warga, ruang terbuka hijau, parkir, dampak debu maupun adanya Coorporate social Responsibility (CSR), demikian ungkap Kepala Bidang AMDAL, BLH Medan, Adnan Syam Zega.

“Pertemuan ini bertujuan untuk menerima masukan dan persetujuan masyarakat sebelum dokumen AMDAL untuk rencana pengembangan Pelabuhan Belawan diterbitkan,” jelasnya lebih lanjut.

Sementara itu Camat Belawan Said mengatakan bahwa warganya harus mendapatkan ganti rugi yang sesuai dengan keinginan warga masyarakat.

Amat Jafar, seorang tokoh nelayan mengatakan dirinya berharap akan ditempatkan di dekat laut karena mata pencaharian penduduk adalah sebagai nelayan. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s