Hari Bakti Rimbawan 2013 Perkokoh Jiwa Korsa Rimbawan

Medan, LasserNews.wordpress.com

Bertempat di Reservoar kelurahan Pangkalan Mansyur Kecamatan medan Johor, Medan berlangsung peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-30, Senin (18/3) dan pelaksanaan Bulan Memelihara Pohon Provinsi Sumatera Utara tahun 2013.

Dalam acara ini tampak hadir para Rimbawan dari Dinas Kehutanan Provsu, UPT Kementerian Kehutanan, Pangdam I BB, dan mahasiswa Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian USU dan undangan lainnya.

Dengan tema “Memperkokoh Jiwa Korsa Rimbawan dalam Mewujudkan Pelayanan Prima” acara ini dilaksanakan secara sederhana. Selain memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-30, para Rimbawan juga membuat kegiatan seperti olah raga, donor darah, Bakti Sosial dan Malam Keakraban, Upacara Bendera, Penanaman dan Pemeliharaan Pohon di hari yang sama.

Ada pun kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon di Provinsi Sumut telah dimulai sejak dicanangkannya Pekan Penghijauan, Gerakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN), Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM), Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, Aksi Gerakan Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan pemeliharaan Pohon, serta Hari Menanam Pohon Indonesia (tanggal 28 November) dan Bulan Menanam Pohon Nasional (bulan Desember), Gerakan Satu Orang Satu Pohon (One Man One tree) serta Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon (One Billion Indonesian Trees for the World) atau disingkat OBIT.

OBIT tahun 2010 mulai 2 Februari 2010 s/d 31 Januari 2011 masyarakat Sumut telah menanam da memelihara pohon sebanyak 40.000.000 batang bibit pohon dari target Provinsi Sumut sebanyak 37.000.000 batang bibit pohon.

Sedangkan untuk tahun 2012 Provinsi Sumut telah menanam 74.000.000 batang bibit pohon. Jumlah tersebut juga termasuk penanaman dan pemeliharaan pohon yang dilaksanakan Kodam I BB dalam rangka Toba Go Green sebanyak 1.000.000 batang bibit pohon.

Untuk tahun 2012 hingga Februari 2013 Provinsi Sumut telah menanam 71.000.000 batang bibit pohon.

Untuk mencapai target penanaman dan pemeliharaan pohon di Provinsi sumut, Dinas kehutan Sumut dan UPT Kementerian Kehutanan telah mempersiapkan bibit untuk masyarakat melalui Kebun Bibit Rakyat (KBR) sebanyak 500 unit dengan kapasitas 50.000 batang pohon hingga tersedia bibit KBR sebanyak 25.000.000 batang, operasional persemaian permanen dengan produksi 2.000.000 bibit per periode, penyediaan bibit melalui APBD Provsu, APBD kabupaten/kota serta partisipasi masyarakat lainnya. Dan terhadap para pemegang IUPHHK-Hutan Tanaman Industri, dilakukan pembinaan dan evaluasi untuk dapat memacu kegiatan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan pohon.

Semangat menanam danmemelihara pohon akan dibina secara terus menerus sepanjang tahun dan akan terus mengkampanyekan Indonesia Menanam dan Memelihara. Dimulai dari diri sendiri, lembaga-lembaga swasta dan pemerintah akan terus diajak untuk membangkitkan dan mengembangka peran serta masyarakat agar menanam dan memelihara pohon sesuai dengan harapan para rimbawan. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s