Ekonomi Regional Timpang, Pasar Kerja Formal Indonesia Tumbuh Lamban

Jakarta, LasserNews.wp.com

Lima tahun terakhir ini perekonomian Indonesia tumbuh mengesankan bahkan termasuk salah satu yang terkemuka di dunia. Namun pertumbuhan ekonomi yang baik ini ternyata belum tersalurkan dengan baik ke pasar kerja sehingga pergeseran pekerja informal ke formal dalam tiga tahun terakhir justru stagnan.

Laporan Tren Ketenagakerjaan dan Sosial Indonesia 2012 Organisasi Buruh Internasional (ILO) yang disusun ekonom ILO, Emma Allen dan diluncurkan di Jakarta, Kamis (4/4) telah mencatat stagnannya pasar kerja di Indonesia ini.

Ketimpangan perekonomian regional membuat peralihan pekerja Informal ke formal masih berjalan lamban. Kegiatan ekonomi formal tahun 2012 baru 46,6 persen belum banyak bergerak dari tahun 1998.

Emma menilai bahwa berbagai rencana investasi infrastruktur serta manufaktur pemerintah dan swasta bakal mempercepat peralihan pasar kerja tersebut. Selanjutnya pemerintah harus membuat strategi yang tepat tahun 2013 namun investor justru memilih menunggu dan melihat perkembangan nasional.

Kondisi ini akan mempengaruhi penyerapan tenaga kerja dan tingkat pengangguran akan menurun, terutama di kalangan pencari kerja lulusan diploma dan universitas. Hal ini menunjukkan permintaan pasar kerja terhadap pencari kerja trampil dan terdidik meningkat.

Antara Agustus 2011 dan agustus 2012 sebanyak 1.137.755 lapangan kerja telah tercipta. Tingkat pengangguran menurun hampir di semua provinsi kecuali Aceh dan Sulawesi Tenggara. (kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s