PTPN IV Masih Memiliki Alas Hak Izin Lokasi Atas Lahan PT Panai Jaya Ajamu Labuhan Batu

Medan, LasserNews.wordpress.com

PTPN IV masih memiliki Alas Haknya Izin Lokasi dan bukti ganti rugi atas lahan PT Panai Jaya Ajamu Labuhan Batu, demikian humas PTPN IV menjelaskan atas demo aksi mahasiswa di PTPN IV, Jalan Letjen Suprapto Medan, Senin (25/3) yang menyebutkan bahwa lahan PT Panai Jaya Ajamu Labuhan Batu telah habis masa Hak Guna Usaha sejak tahun 2008 yang lalu.

PTPN IV mendapat Izin Lokasi dari Bupati Labuhan Batu pada tahun 2005 seluas 4.065 ha atas Kebun Panai Jaya Labuhan Batu yang berlokasi seluruhnya di Kabupaten Labuhan Batu. Dan dalam perjalanan usaha tersebut yang sesuai Keputusan Izin Lokasi telah dilaksanakan ganti rugi kepada masyarakat yang berasal dari Labuhan Batu.

Setelah dilakukan ganti rugi lalu dilanjutkan dengan pembukaan lahan dan kemudian ditanami. Namun sampai keada luasan lebih kurang 3.300 ha, masyarakat Riau menghentikan pekerjaan PTPN IV dengan alasan bahwa sisa areal yang belum dikerjakan termasuk wilayah Riau dan meminta kompensasi ganti rugi namun pihak Pemkab Rokan Hilir Riau menyatakan bahwa areal tersebut status kawasan Hutan di Provinsi Riau. Terjadinya permasalahan di atas adalah akibat batas Provinsi Sumatera Utara/Kabupaten Labuhan Batu yang masih dipersoalkan di lapangan.

Selanjutnya sisa areal lebih kurang 700 ha tersebut dilaporkan oleh PTPN IV ke Dirjen Kehutanan Jakarta, Lalu Dirjen Kehutanan memberi petunjuk akan segera diselesaikan dengan cara mengundang Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Utara namun hingga saat ini belum pernah terlaksana.

Areal lebih kurang 700 ha tersebut hingga saat ini masih dikuasai dan dikerjakan masyarakat Rokan Hilir Riau dengan vegitasi semak belukar di dalamnya secara umum.

Jadi PTPN IV menyatakan bahwa tuntutan mahasiswa tertanggal 25 Maret 2013 yang mengatakan bahwa PTPN IV telah merugikan negara hingga triliunan rupiah adalah tidak berdasar sama sekali mengingat : a. PTPN IV memiliki Alas Haknya Izin Lokasi dan bukti ganti rugi. b. PBB terhadapa areal yang dikuasai dan dikerjakan telah dibayarkan kepada negara. c. PTPN IV justru telah mempu menambah lapangan pekerjaan. d. PTPN IV telah berhasil menambah devisa dari hasil kebun yang suadah jadi.

Selanjutnya bahwa infrastruktur berupa jalan dan jembatan ke lokasi Kebun Panai Jaya pun berjalan dengan baik. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s