G-Resources MARTABE Hadirkan Informasi Terkini

Medan, LasserNews.wp.com

Stan Tambang Emas Martabe di PRSU ke-42 membuka forum diskusi dengan pesertanya dari mahasiswa-mahasiswa ITM jurusan Pertambangan semester VI tentang geologi pertambangan yang tim narasumbernya Didi Ardhi Nugroho, Senior Mine Gelogist di PT Agincourt Resources Martabe, Senin (1/4).

Dalam pemaparannya Didi menjelaskan bahwa G-Resources Martabe terletak dalam konsesi seluas 1.639 km2, memiliki sumberdaya 8,05 juta oz emas dan 77 juta oz. Pit Purnama adalah pit terbesar di area Martabe dan yang pertama ditambang. Pit Purnama memiliki umur tambang minimal 10 tahun.

Selama 4 tahun perusahaan ini telah menjalani masa konstruksi sehingga akhirnya berkat keras seluruh karyawan beserta mitra kerja PT Agincourt Resources berhasil menjadi Tambang Emas yang beroperasi penuh, lengkap dengan infrastruktur berkualitas standar internasional.

Selama masa konstruksi masyarakat di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru memetik manfaat dari kehadiran Tambang Emas Martabe, baik di sektor tenaga kerja, program pemberdayaan masyarakat, maupun kemitraan yang sudah terjalin baik dengan para wirausahawan lokal. Dan PT Agincourt Resources Martabe lebih mengedepankan karyawan dari penduduk lokal,” demikian papar Didi.

Seluruh rangkaian aktifitas penambangan dalam Tambang Emas Martabe telah dirancang dan dibangun berdasarkan kajian studi dan didukung serta dilindungi oleh berbagai izin dari pemerintah terkait, termasuk dalam hal pengolahan dan pengaliran air ke Sungai Batangtoru.

Selanjutnya limbah yang akan dialirkan ke Sungai Batangtoru hanyalah air yang sebelumnya telah ditampung dan diolah dalam sebuah Instalasi Pengolahan Air sehingga memenuhi standar bersih dan aman (standar baku mutu). Sebagian dari air tersebut adalah air hujan yang ditampung yang turut berkontribusi memenuhi penampungan. Rencana ini telah disetujui sepenuhnya oleh pemerintah dan terdapat dalam Dokumen AMDAL yang ditandatangani tahun 2008 oleh Bupati Tapanuli Selatan. “Air tidak akan mengalami pencemaran yang membahayakan lingkungan karena manajemen Martabe telah melaksanakan studi yang sangat detail atas kualitas air,” jelas Senior Mine Geologist ini saat ditanyakan tentang limbah yang dikhawatirkan dapat merusak lingkungan sebab karakteristik bebatuan mineral yang terdapat di Tambang Emas Martabe adalah termasuk sulfidasi tinggi (high sulfidation).

Batangan emas dan perak Tambang Emas Martabe adalah tambang emas berkelas dunia yang pertama berproduksi di Sumatera Utara. Usaha mengkonversi sumber daya mineral (emas dan perak) yang menjadi cadangan mineral yang dapat diproses sehingga emas dan perak yang diambil dari bijih bisa tertangkap secara maksimal. Dan tim Mine Geology di Tambang Emas Martabe adalah melakukan aktifitas grade control yakni mengelola database mine geologydan membangun satuan kerja dengan bagian penambangan, geologi, metalurgi dan pengolahan. Sementara itu grade control merupakan suatu proses kegiatan yang berkelanjutan dimana setiap proyek mungkin dijumpai isu-isu berbeda dan baru. Selalu ada hal menarik dari setiap permasalahan yang ada. Apalagi jika permasalahan dapat terpecahkan dan memberi nilai tambah bagi perusahaan. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s