Kinerja Gubsu TA 2012 Tak Maksimal

Medan, LN

Rapat paripurna DPRDSU yang dipimpin Ketua DRPDSU Saleh Bangun di gedung DPRDSU, Senin ((2/9) menyatakan bahwa sembilan fraksi di DPRDSU tidak puas dengan kinerja Gubsu beserta perangkat dan stakeholdernya pada TA 2012. Hanya satu fraksi yang tidak memberikan pendapatnya.

Sembilan fraksi menolak pendapatnya tentang Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2012 menjadi Peraturan Daerah (Perda). Bahkan meminta agar Gubsu memperhatikan dan menindaklanjuti hal-hal yang mereka kritisi.

Rasa tidak puas atas kinerja Gubsu disampaikan Fraksi PDI-P dalam Rapat Paripurna DPRD Sumut yang dihadiri Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi PAN, Fraksi PDS, Fraksu PPP, Fraksi PPRN. Ranperda laporan Pertanggungjawaban APBD 2012 ini disampaikan Gubsu ke Rapat Paripurna DPRD Sumut 1 Juli 2013 dengan realisasi anggaran Pendapatan RP 7.200.498.304.672 dan Belanja Rp 7.632.295.295.420 dan defisit Rp 431.796.990.748.

Sembilan fraksi ini mengkritisi Gubsu yang belum mampu menggali PAD lebih besar lagi selain Pajak Kenderaan dan pajak Bahan Bakar Minyak sekitar 70 persen di luar Pajak Kenderaan Bermotor agar lebih besar lagi. Selain itu mereka juga mengkritisi besarnya jumlah biaya tidak langsung dari biaya langsung dari biaya langsung; yakni pembangunan. Mereka menilai BPK-RI atas Laporan Hasil Pelaksanaan APBD 2012 dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menandakan masih terdapat sejumlah masalah baik yang menyangkut dengan kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan maupun atas Sistem Pengendalian Intern serta perencanaan yang kurang baik.

Mereka juga meminta dalam penegakan disiplin dan pemberdayaan anggaran pembangunan yang pro rakyat meminta kepada Pemprovsu agarseluruh laporan masing-masing tim Kunker DPRDSU, Pemandangan Umum Anggota Dewan atas nama fraksi menjadi acuan bagi Gubsu untuk ditindaklanjuti agar ditahun-tahun mendatang kinerja Pemprovsu dapat ditingkatkan.

Dari kritikan beberapa fraksi tersebutada 10 saran dan usul fraksi PDI-P guna menjadi perhatian Gubsu antara lain persoalan infrastruktur baik bidang transportasi maupun energi/kelistrikan yang sangat memerlukan perhatian serius dari Pemprovsu guna meningkatkan anggaran pembangunan di sektor-sektor tersebut.

Khususnya penanganan jalan dan jembatan provinsi di seluruh kabupaten/kota, Pemprovsu diingatkan agartetap serius menjaga dan memelihara ketahanan pangan Sumut. Mengingatkan dalam kaitan pemekaran Provsu menjadi induk dari 3 calon provinsi baru PDI-P meminta Gubsu dan pemerintah pusat tidak bersifat pasif tapi haruslah proaktif untuk membantu percepatan pemekaran yang dimaksud. Sedangkan pemerintah pusat diharapkan agar Pemprovsu dapat mengkoordinir kabupaten/kota yang tercakup dalam wilayah pemekaran.

Sementara Fraksi PPP mengharapkan Pemprovsu terus eningkatkan anggaran untuk Jaminan Kesehatan Masyarakat. Dengan eroperasinya Bandara Kualanamu akan semakin menambah kesemrawutan lalu lintas di kota Medan terutama di jalan-jalan yang dilintasi kereta api. Jadi Pemprovsu harus memilirkan bagaimanan mengatasi kesemrawutan lalu lintas tersebut, demikian juru bicara PPP Ahmad Husen Hutagalung. Selain itu jugafraksi PPP mengkritisi kinerja PLN Sumut yang telah mengecewakan masyarakat Sumut.

Fraksi PDS melalui juru bicaranya Murni Munthe mengatakan jkawaban yang disampaikan Gubsu banyak yang tidak substansial. Bahwa kinerja Gubsu harus ditingkatkan karena selama ini masih sangat jauh dari yang diharapkan. Contohnya banyak dana bantuan untuk gereja-gereja yang tak kunjung dicairkan hingga saat ini, padahal itu sangat penting untuk membinan umat Kristen. Jadi sangat diharapkan agar dana untuk gereja tersebut segera dicairkan. (SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s