Fly Over Jamin Ginting Masuki Tahap Akhir

Medan, LasserNews
Pembangunan jalan layang (fly over) Jamin Ginting Medan yang merupakan proyek jalan nasional di Sumut yang berada di bawah Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Medan dan dibangun pada akhir 2012 telah memasuki tahap akhir. Jembatan layang tersebut diperkirakan akan selesai dan dapat dioperasionalkan pada akhir Oktober 2014. Saat ini geliat pengerjaan jembatan layang tersebut terlihat setiap harinya di Jalan Jamin Ginting dan Jalan Ngumban Surbakti Medan.

“Pembangunan jembatan layang ini dipercepat karena permintaan seluruh lapiasan masyarakat yang mengeluh dengan kemacetan yang terjadi karena perempatan jalan di bawah fly over Jamin Ginting merupakan perempatan terpadat di Medan disebabkan kenderaan dari arah timur, barat, utara dan selatan dipastikan melalui perempatan ini. Dan diharapkan perempatan jalan di bawah fly over segera bisa digunakan,” kata Dudi Setiawan Anggrianto, Safety Healthy Environment Officer PP-WIKA , KSO yang ditemui LasserNews saat sedang meninjau mengawasi pengerjaan jembatan layang tersebut, Senin (8/9) di Jalan Ngumban Surbakti Medan.

Menurut Dudi sejauh ini belum ada kendala yang berarti dalam pembangunan fly over Jamin Ginting ini. Masalah pembebasan lahan juga telah selesai beberapa waktu lalu sehingga pengerjaan dapat dipercepat. “Kami akan secepatnya menyelesaikan pekerjaan ini. Hanya masalah cuaca saja yang menjadi kendala. Namun jika cuacanya baik semua akan dapat dikerjakan dan tidak ada alasan untuk menunda pengerjaan fly over ini hingga dapat segera beroperasional,” ujarnya. Saat ditanyakan sudah berapa persen pengerjaaan fly over tersebut. Dudi menjawab,” Sudah 90 persen dan memasuki tahap akhir dan ditargetkan akhir Oktober 2014 sudah dapat dioperasionalkan.”

Sebagai informasi bahwa pembangunan jembatan layang ini menelan biaya sekitar Rp 101 miliar dari anggaran APBN dengan sistem multi years. Kontrak kerja dengan PP-WIKA, KSO berakhir hingga akhir 2015.

Ketua DPP LSM LASSER (Lembaga Aspirasi Seruan Peduli Rakyat) Sumut, Sri Yuanita Chan mengatakan kepada wartawan LasserNews,” Tepat sekali jika pengerjaan proyek multi years fly over Jamin Ginting dipercepat sebelum sampai akhir kontraknya sampai tahun 2015 karena setahun belakangan ini hanya kemacetan saja yang ditemui di perempatan Jalan AH Nasutian, Jalan Jamin Ginting dan Jalan Ngumban Surbakti Medan. Juga polusi debu yang disebabkan pengerjaan proyek tersebut. Jika benar bisa dioperasionalkan jembatan layang Jamin Ginting tersebut di akhir Oktober kita sebagai warga masyarakat Kota Medan berharap akan merasakan kelancaran lalu lintas melalui jembatan layang tersebut. Apalagi Kota Medan sudah menjadi kota metropolitan dan diharapkan dengan dioperasionalkan jembatan layang ini nantinya diharapkan akan dapat menambah penilaian bagi Kota Medan untuk dapat meraih piala Adipura Kencana ke depannya.”

Ester Aruan, warga Perumnas Simalingkar mengeluhkan kemacetan di perempatan jalan di bawah fly over ini,”Kami sebagai warga masyarakat Kota Medan berharap secepatnya agar pengerjaan jembatan layang ini bisa siap. Karena di jam-jam macet bisa mencapai 20 – 30 menit untuk bisa keluar dari kemacetan ini. Belum lagi polusi debunya.” (*r)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s