DPRD Medan Desak Perombakan Pejabat TRTB Medan

Medan, LN

Kalangan anggota DPRD Medan mendesak Walikota Medan Dzulmi Eldin segera merombak pejabat di Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan. Pasalnya, sejumlah rekomendasi DPRD Medan terkait bangunan bermasalah belum ditindaklanjuti TRTB.

Anggota DPRD Medan Parlaungan Simangunsong mengatakan, TRTB tidak tegas terhadap bangunan melanggar Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) dan merusak estetika. Terkesan ada pembiaran dari oknum di Dinas TRTB sehingga rekomendasi untuk membnongkar bangunan yang merupakan DPRD Medan hasil rapat dengar pendapat (RDP) tidak pernah terealisasi.

“Ini (mengabaikan rekomendasi) pelecehan lembaga. Padahal rekomendasi itu keputusan hasil RDP DPRD bersama instansi terkait dan masyarakat. Itupun tak ditindaklanjuti. Ada hubungan apa pejabat Dinas TRTB dengan pemilik bangunan?” kata Parlaungan Simangunsong, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan, beberapa pembangunan yang melanggar izin justru hanya direvisi. “Revisi, seolah-olah melegalkan penyimpangan. Kita harapkan ada reformasi birokrasi di Dinas TRTB Medan,” katanya.

Rekomendasi DPRD Medan yang belum ditindaklanjuti diantaranya, bangunan di Jalan Pelita I Kelurahan Sodorame Barat II Kecamatan Medan Perjuangan. Izin IMB hanya untuk 2 unit, namun yang dibangun sebanyak 7 unit. Rekomendasi hasil RDP Komisi D sudah disampaikan. Hingga kini, bangunan hampir rampung belum ada tindakan TRTB. Contoh lain lanjutnya bangunan Town House di Jalan Pelajar dan 23 unit bangunan di Jl Rela/Keruntung lingkungan 2 Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung, bangunan Villa Town di Jalan Kapten Muslim Gang Jawa.

Parlaungan mensinyalir ada sejumlah oknum pejabat di Dinas TRTB yang berkolusi dengan pengembang. “Banyaknya pelanggaran ini tidak hanya merusak estetika, tapi kebocoran PAD (pendapatan asli daerah),” katanya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Medan H Jumadi menyampaikan hal yang sama. Jumadi menilai pejabat TRTB terkesan sepele (tidak menganggap ada) tugas anggota dewan. Kritikan dan masukan terkesan angin lalu. “Kita kesal terhadap pejabat Dinas TRTB yang tidak pernah menggubris kritik dan saran yang kita ajukan demi perbaikan kota dan penyelamatan PAD. Pejabat TRTB yang sekarang juga selalu bisa dikendalikan para pengusaha,” katanya.

Demi menyelamatkan PAD dan penataan keindahan kota Medan, dia pun mengusulkan agar Walikota Medan mengganti sejumlah pejabat di Dinas TRTB, mulai Kadis, Kabid, Kasi serta oknum yang terlibat melindungi bangunan melanggar izin. (abd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s