Sidak Ramadhan, Disperindag Medan Temukan Minuman Beralkohol

 

Sidak, Disperindag Medan Temukan Minuman Beralkohol
Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Medan, Irfan Syarif Siregar, dan Sekretaris Disperindag Kota Medan, Said Chaidir, saat memeriksa minuman kaleng beralkohol di salah satu super market, Senin (20/6)

Medan, LN

Dalam inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Medan, ditemukan puluhan kaleng minuman mengandung alkohol yang dijual di salah satu super market.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Medan, Irfan Syarif Siregar mengatakan, puluhan kaleng minuman mengandung alkohol tersebut ditemukan pihaknya di Swalayan Gloria, Jalan Gatot Subroto.

“Minuman alkohol kita temukan saat sidak di Swalayan Gloria. Saat kita temukan, minuman tersebut berada satu display dengan minuman ringan lainnya, dan itu tidak boleh dijajakan dan dijual sembarangan,” kata Irfan, Senin (20/6).

Dijelaskannya, minuman kaleng beralkohol yang ditemukan tersebut memiliki kadar alkohol mulai dari 2% hingga 4,9%. Untuk sementara minuman tersebut diturunkan pihak Disperindag Kota Medan dari display, sembari meminta pihak swalayan untuk meletakkannya di lokasi khusus.

Disperindag Medan Sidak Sejumlah Super Market

“Kalau bir, ini tidak etis karena di bulan Ramadan dan penempatannya juga terlalu terpampang ataupun terlihat jelas dan disandingkan dengan minuman kaleng lainnya,” jelasnya.

Irfan menyebut, puluhan botol minuman mengandung alkohol tersebut untuk kali ini tidak disita, karena sidak yang dilakukan bukan penyitaan, hanya peringatan. Namun kalau beberapa hari ke depan masih dilihat terletak di display yang sama, maka pihaknya akan lakukan penindakan tegas.

“Tadi kita juga sudah minta surat penjualan minuman beralkohol. Mereka bilang ada, tapi sudah beberapa waktu kita tunggu, nggak juga ditunjukkan kepada kita,” sebutnya.

Sementara seorang petugas keamanan Swalayan Gloria, Ahmad Harefa mengaku akan menyampaikan kepada atasannya apa yang telah diinstruksikan pihak Disperindag Kota Medan terkait temuan minuman beralkohol tersebut.

“Iya Pak, terima kasih, nanti akan kita sampaikan kepada atasan,” ucapnya.

Pihak Disperindag Kota Medan membagi dua tim dalam sidak kali ini, dan setiap tim akan datang ke sekitar 32-an super market maupun minimarket yang berada di Kota Medan. (ast)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s