PTPN III : KEK Sei. Mangke Butuh Promosi

Medan, LN
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei,Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara masih jauh dari hiruk pikuk kegiatan industri. Pengamatan lapangan minggu ini menunjukkan bahwa kawasan yang dijadikan sebagai andalan menarik investor industri hilir minyak sawit itu baaru dihuni sebuah pabrik oleokimia milik Unilever Group.
PT Unilever Oleochemical Indonesia (UOI) itulah nama pabrik itu. Mereka masuk ke kawasan tersebut karena memang Unilever sudah menjadikan Indonesia sebagai lokasi basis industri barang-barang toiletris (kebutuhan langsung konsumen).
Mulai dari kebutuhan mandi hingga kecantikan, dihasilkan perusahaan yang berbasis di Belanda tersebut. “Unilever masuk ke Sei Mangkei untuk mempertahankan basis pasar dan produksinya di Indonesia. Kalau dari sisi bisnis Unilever menyesal masuk ke Sei Mangkei,” ujar seorang Dirut BUMN perkebunan belum lama ini.
Direktur Utama PTPN III Elia Massa Manik yang melakukan kunjungan ke lokasi industri PT UOI di KEK Sei Mangkei, Senin 27 Juni 2016 menegaskan bahwa KEK Sei Mangkei masih membutuhkan pembenahan. Harga gas yang mahal, energi listrik yang masih kurang, serta infrastuktur jalan yang masih belum memadai membuat KEK Sei Mangkei kurang menarik bagi investor.
Manik yang baru diangkat menjadi Dirut PTPN III Holding itu mengadakan pertemuan tertutup dengan Managing Director PT UOI Saikrishna Devarakonda. Apa yang mereka bicarakan tak begitu jelas. Tapi ada bocoran Manik menerima keluh kesah managing director PT UOI mengenai minimnya prasarana dan sarana pendukung KEK Sei Mangkei serta mahalnya harga gas, sehingga produk mereka tak kompetitif di pasar global.
Usai pertemuan, Elia Massa Manik mengungkapkan bahwa perusahaannya tertarik masuk ke industri hilir kelapa sawit dengan membangun pabrik minyak goreng.Kami sedang membangun pabrik minyak goreng, konstruksinya paling lama 24 bulan,kata dia.
Deny Mulyawan, Manajer Badan Pengelola dan Pembangun KEK Sei Mangkei menambahkan pabrik minyak goreng yang akan dibangun di KEK Sei Mangkei akan dikelola oleh entitas perusahaan bernama PT Industri Nabati Lestari (join antara PTPN III dan PTPN IV dengan membangun pabrik olein berkapasitas 600.000 ton per tahun).Pabrik olein ini sedang dalam proses pembangunan,” ujarnya.
Selain pabrik minyak goreng, lanjut dia, PTPN III juga akan membangun pabrik ban sepeda motor di KEK Sei Mangkei. Rencana pembangunan pabrik ban saat ini sedang dalam tahap penyelesaian Detail Engineering Design (DED).
PTPN III sedang mencari partner untuk membangun pabrik ban berbahan baku karet tersebut.
Sementara PTPN III sendiri nantinya akan memberikan penyertaan lahan dan sumber bahan baku. Dia memastikan, PTPN III memiliki sumber bahan baku dalam jumlah yang memadai untuk memasok pabrik yang diproyeksi memiliki kapasitas produksi 7,5 juta ban per tahun.
Deny mengatakan kebutuhan infrastruktur sudah memadai untuk operasional industri. Sejak awal, air bersih sudah tersedia dan listrik yang siap pakai ada sekitar 40 MW dan masih bisa ditingkatkan lagi sampai tiga kali lipat.
Begitu juga dengan lahan. Dari 1.933 hektare lahan yang saat ini sudah dimatangkan, baru sekitar 10% yang sudah dialokasikan kepada investor termasuk Unilever. Pemasaran Tahap I dengan luas lahan 104 hektare sudah selesai dan sekarang masuk ke Tahap II dengan 640 hektare.
Rel kereta api koneksinya sudah siap, tinggal pengujiannya. Koneksinya dari areal kita, terhubung ke jalur eksisting di Gunung Bayu. Kalau sudah terhubung ke Gunung Bayu, bisa langsung ke Pelabuhan Belawan.
Tinggal jalur ke Pelabuhan Kuala Tanjung yang menurutnya belum selesai. Masih ada sekitar 7 kilometer lagi belum bisa dibangun rel dan masih proses pembebasan lahan. Sementara pembangunan infrastruktur jalan di dalam kawasan tinggal menyisakan 2,7 kilometer.(SR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s