Hasil Reses Sidang Paripurna DPRDSU Didominasi Masalah Infrastruktur

Medan, LN –  Sidang paripurna reses DPRDSU tahun  2016-2017 itu sesuai dengan jadwal berlangsung pukul 09.00 Wib, namun baru dimulai sekitar pukul 11.30 Wib, padahal wakil Gubernur Sumatera Utara Hj Brigadir Jenderal (Purn) Hj Nurhajizah Marpaung tepat waktu telah hadir, Selasa (14/3)
Pantauan LN laporan Tim Reses DPRDSU dapil I-XII didominasi berbagai masalah rusaknya infrastruktur jalan dan diharapkan Pemprovsu maupun pemerintah kabupaten/kota harus serius untuk memprioritaskan dana anggaran untuyk program pembangunan mau pun perbaikan jalan yang kondisinya sudah rusak parah.
Rapat paripurna tersebut dipimpion Ketua DPRDSU, Wagirin Arman dihadiri Wakil Gubernur SumutHj Brigadir Jenderal (Purn) Hj Nurhajizah Marpaung dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumut.Wagirin Arman yang memulai acara itu dengan mengenalkan wakil gubernur yang baru dilantik dengan mengucapkan selamat. “Buk wakil Gubernur Sumatera Utara dilantik langsung Presiden RI Jokowi dan wakil preseiden Yusuf Kalla dan saya juga hadiri,”ujarnya disambut tepuk tangan.Juru bicara dapil Sumut I (Kota Medan) HM Nezar Djoeli melaporkan kondisi jalan yang ada di Simpang Kantor tepatnya di depan Polsek Medan Labuhan kondisinya sudah kupak kapik atau babak belur bahkan masyarakat sudah seringkali melakukan demo massa. Begitu juga masalah banjir rob setinggi 1 meter yang kerap terjadi di kawasan Yong Tanah Hijau dan Pulau Sicanang. Kita sudah Kementerian PUPR agar membangun benteng agar banjir pasang tidak melanda rumah-rumah penduduk,” ungkap Nezar.

Image result for foto2 nezar djoeli
Foto : HM. Nezar Djoeli

Demikian juga halnya  persoalan ionfrastruktur jalan di Dapil II (Kota Medan) dilaporkan masyarakat Jalan Darma kelurahan Tanjung Gusta medan Helvetia juga sudah sangat rusak dan bagai kubangan saat hujan deras. Hal yang sama juga Jalan Eka Mulia Kelurahan Gedung Johor yang butuh pengaspalan sekaligus perbaikan drainasenya.

Sementara itu anggota dewan dapil Sumuit IX (Taput, Tobasa, Samosir, humbahas, Tapteng dan Sibolga) Juliski      Simorangkir mengungkapkan bahwa infrastrukur jalan di di Desa Lobusikkan Sipaholon Kabupoaten Tapanuli Utara kondisinya sangat memprihatinkan karean sudah bertahun-tahun tak pernah ada pembangunan dan perawatan jalan yang kupak kapik alias hancur-hancuran sehingga butuh perbaikan dan agar dianggarkan dalam APBD Provsu.

Banyak usulan yang sangat mendasar untuk peningkatan penghidupan warga desa seperti pembangunan jalan sepanjang 10 km yang kondisinya rusak parah dan banyak terjadi tanah longsor di beberapa tempat yang mengakibatkan jarak tempuh menjadi sangat lama juga rentan kecelakaan.

Dapil Sumut VI (Labuhanbatu, Labura dan Labusel) juga melaporkan banyaknya infrastruktur yang rusak parah dan perlu segera diperbaiki. Dan agar pemerintah mengubah status jalan kabupaten menjadi jalan provinsi sebagai jalan penghubung Kabupaten Labura dengan Labuhanbatu induk.

Sedangkan Tim XII Dapil Binjai dan Langkat melalui juru bicara Putri Susi Melani Daulay meminta  penertiban truk-truk yang melebihi tonase yang melewati Jalan Binjai menuju Bahoro karena menyebabkan jalan menjadi rusak parah. Dan kondisi tersebut perlu perhatian serta tindakan tegas dari aparat terkait.

Sementara menjawab adanya kesan tidak begitu pentingnya paripurna hasil laporan reses dewan, karena kurang tersahuti masuk dalam anggaran, Hasiddin Daulay anggota DPRD dari fraksi PPP ini membantah. “Bagi saya ini sangat penting, karena menjadi masukan yang berharga bagi Pemprovsu atas berbagai persoalan masyarakat”, ujarnya.

Pemprovsu , katanya harus mengakomodir dengan baik hasil reses DPRD Sumut untuk menjadi masukan dan pertimbangan dalam menyusun anggaran. Gubernur harus juga beralaku objektif dan adil dalam memasukkan dalam anggaran. “Jangan nantinya suka tidak suka yang menjadi pertimbangannya,”ujar Hasiddin. (SR)

Comments

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s